Friday, October 19, 2012

Indahnya Perbedaan (Fin)


(selanjutnya)

Assalamualaikum..


Boleh ya saya tarik napas dahulu. fiuhhh.. fiuhhh....

Ada benang merah yang membuat saya ingin menulis satu persatu mengenai sahabat-sahabat saya itu. Sudah dijelaskan sedikit diatas, saya mulai mencintai yang namanya perbedaan.

Dulu memang ibu saya pernah menasehati, "Pilihlah teman yang perilakunya baik, agar kamu jadi orang baik juga."

"Tapi maaa, kakak tidak bisa begitu terus-terusan. Kakak bergaul, bekerja sama dengan orang banyak. Kalau ego itu tidak bisa saya tekan, gimana kakak bisa punya teman banyak"

"Deal about that. Kamu anak pintar, mama yakin kamu lebih kuat dari mama sebagai perempuan. Kamu lebih berani mengungkapkan pendapat dibanding Akbar dan Izan. Jadi mama tidak perlu khawatir gimana kamu di luar sana."

Okay, kembali ke masalah perbedaan dengan orang lain. Saya tentu pernah kesal kenapa ada orang yang tidak bisa sama dengan apa yang saya inginkan. Pernah mencak-mencak, pernah berusaha menghindar dari mereka semua.

Tapi apakah itu menyelesaikan masalah? Tidak!

Ayah saya tahu masalah itu. Dia pernah berpesan, "Kamu harus banyak kenal sifat orang. Suka atau tidak suka, hadapi saja. Toh, itu yang akan membentuk kamu jadi lebih dewasa. Jangan pernah nge judge orang, baik atau buruk."

Saya pernah gencatan senjata dengan Ocha karena akhirnya kita beda visi dan misi dalam kerjaan. Saya pernah merasa Shelvi itu aneh, karena dia suka ke club dan merokok. Saya pernah bete sama Andy, karena dia tidak membalas bbm saya pada saat saya tengah curhat. Saya pernah benci sama Yulia, karena dia jarang on time dan lelet dalam tindakannya.

Dan masih banyak lainnya.

Tapi kalau ingat lagi, kebaikan, pengorbanan, perhatian mereka, saya harus melepas ego itu. Saya tidak ingin, akibat ketidakdewasaan saya, semua hancur. Apa yang sudah terbina baik selama ini berantakan.

Saya comot beberapa kalimat bijak mengenai perbedaan:

"Sungguh memprihatinkan dan ironis melihat kenyataan dalam kehidupan manusia yang selalu dilanda perpecahan, pertengkaran, bahkan saling bunuh, dan semua itu di dasari oleh masalah "Perbedaan".

"Perbedaan adalah Anugerah dan Kebahagiaan"

"Jangan khawatir jika bahasamu tidak dapat dimengerti orang lain, karena bahasa cinta selalu dapat dimengerti"

Kalau sampai saat ini, mereka masih ada di samping saya, berarti memang benar perbedaan itu indah. Saya masih dianggap teman yang bisa diajak bertukar pikiran, teman gila bareng, teman yang bisa dipercaya. Dalam persahabatan, jarak tidaklah berarti, kedekatan adalah urusan hati.

Saya selalu menikmati, tiap pagi, sapaan mereka. Walau hanya menggoda. Contoh yang paling sering saya terima begini. Ini dari sahabat saya lain yg bernama Geminiky Batsion "Maakk, gue dong udah putus. Elo kapan? Biar gue temanin sini", saya cuma balas "Berisik deh elo pagi2"

Atau dari Kiky Mirza "Adekkkkkk, Ayuk kangen"

Oh atau dari Ocha, "Diinnn, Diinn ada bisnis nih, mau jualin lagi gak?"

Yulia? "Beee, kemana ntr pulang kantor, nonton dong, kamu gk kangen apa sama aku"

Kalau Shelvi gini, "Dindaaa, kapan kita lunch bareng lagi, Apii kangeenn"

Well guys, kalian itu menggemaskan loh. Aslik!!! Kapan aku memikirkan kesedihannya ini??? #dhuaarrr! (Sedih kok pengen, hahahaa)

Apa yang saya tulis, hanya sedikit masalah yang pernah saya hadapi bagaimana menyikapi perbedaan dengan orang lain. Intinya, mau sampai kapan pun, dimana pun akan ada yang namanya perbedaan. Dengan orangtua dan saudara kandung aja suka bertengkar gara-gara tidak sepaham, apalagi dengan orang lain. Mustahil!

Kalau pada akhirnya saya menyerah (Dibaca: menghindar) pada satu orang atau satu keadaan, itu tandanya saya tidak ingin bermusuhan yang jadinya dosa. Tapi tentu dengan pertimbangan yang masak. Saya tidak mau gerabak gerubuk mengambil keputusan. Saya pikirin, apa untung dan ruginya di saya.

Terima kasih banyak yang sudah membaca tulisan ini, meski jauh dari kesempurnaan :) Kata banyak orang bijak, lebih baik tertunda menyadari kesalahan, daripada tidak sama sekali. Ciayo!!!

Mari kita baca baik-baik lirik lagunya Superman Is Dead yang berjudul "Kuat Kita Bersinar" dan saya yakin ini diciptakan karena mereka cinta PERBEDAAN \m/ \m/ \m/


Ku tatap dunia
Terasa perih luka di dada
Pertempuran manusia
Yang buta indahnya perbedaan
Oh indahnya..

Ku bisa engkaupun bisa
Melupakan kebencian yang ada
Bersama kita terluka
Bersama kita bisa tertawa
Dan tertawa..

Ayo bangun dunia di dalam perbedaan
Jika satu tetap kuat kita bersinar
Harus percaya tak ada yang sempurna
Dan dunia kembali tertawa

Bayangkan dan senyumlah
Mahkota emas tiada artinya
Ketika raja dan ratu
Memimpin dunia semua bersatu
Dan bersatu..

Ayo bangun dunia di dalam perbedaan
Jika satu tetap kuat kita bersinar
Harus percaya tak ada yang sempurna
Dan dunia kembali tertawa

Jabat erat tanganku kawan
Kau tak akan pernah sendiri
Hancurkan dendam dengan cinta di dada
Untuk semua, manusia



Wassalamualaikum..


Adinda Bintang

3 comments:

Admin said...

gw tunggu tulisan ttg temen2 yg laen mungkin tentang miki, ivo or irvan atau mungkin bang rizki, dll

gw suka kata2 ini

"Perbedaan adalah Anugerah dan Kebahagiaan"

"Jangan khawatir jika bahasamu tidak dapat dimengerti orang lain, karena bahasa cinta selalu dapat dimengerti"

dari siapa tuh ?

panjang juga ketikan lo wajar lah kalo kerja di media hahaha :p

Admin said...

hahah kok dari admin yak
ga keluar nama gw tuh di komennya

-erwan-

Adinda Putri said...

Bow Mikiiii udah dong hahhaa nih cek disini http://adindabintang.blogspot.com/2012/05/kau-begitu-sempurna.html